HUBUNGAN BAIK GURU DENGAN SISWA SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR SISWA

♠ Posted by IMM Tarbiyah in at 06.18


A.      Tugas Guru
Guru adalah sosok yang memiliki rasa tanggung jawab sebagai seorang pendidik . Meskipun guru bertugas untuk mendidik tapi dalam hal ini mendidik bagi seorang Guru beda dengan mendidiknya orang tua. Biasanya guru mendidik hanya dengan cara mengajar , memberikan dorongan, memuji, menghukum, member contoh yang baik dan menasehati.
Dalam pengelolaan pembelajaran, tugas guru kepada siswa antara lain:
1.      Membangun hubungan baik dengan siswa
2.      Menggairahkan minat perhatian dan  memperkuat motivasi belajar
3.      Mengorganisasi belajar
4.      Melaksanakan pendekatan secara tepat
5.      Mengevaluasi hasil belajar secara jujur dan objektif
6.      Melaporkan hasil belajar siswa kepada orang tuanya yang berguna bagi masa depan siswa[1]
Tugas Guru selain mengajar juga memiliki tugas membuat persiapan mengajar, mengevaluasi hasil belajar dan semua yang bersangkutan dengan pencapaian tujuan pengajaran.
AG. Soejono merinci tugas guru terhadap pendidikan siswa sebagai berikut:
1.      Wajib menemukan pembawaan yang ada pada anak-anak didik dengan berbagai cara seperti melalui pergaulan.
2.      Berusaha menolong anak didik mengembangkan pembawaan yang baik  dan menekan perkembangan
3.      Memperlihatkan kepada anak didik tugas orang dewasa dengan cara memperkenalkan berbagai bidang keahlian, keterampilan, agar anak didik memilihnya dengan tepat
4.      Mengadakan evaluasi setiap waktu untuk mengetahui apakah perkembangan anak didik berjalan dengan baik
5.      Memberikan bimbingan dan penyuluhan tatkala anak didik menemukan kesulitan dalam mengembangkan potensinya
Selain tugas yang diatas, seorang guru juga memiliki tugas sebagai:
Korektor, Inspirator, Informator, Organisator, Motivator, Inisiator, Fasilitator, pembimbing, Demonstrator, Pengelola kelas, Mediator, Supervisior, dan evaluator.[2]
B.      Hubungan  Guru Dengan Siswa
Hubungn guru dengan siswa di dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Guru dapat dikatakan orang tua siswa di sekolah dan merupakan orang tua kedua setelah orang tua siswa di dalam keluarga.  sehingga seorang guru harus memiliki kedekatan dengan peserta didik. Hubungan baik guru dengan siswa atau peserta didik ini dapat mendorong siswa untuk rajin belajar.
  Bagaimanapun baiknya bahan pelajaran yang diberikan, bagaimanapun baiknya  metode yang digunakan, namun jika hubungan guru dengan siswa tidak harmonis maka dapat menciptakan suatu hasil yang tidak diinginkan dalam proses pembelajaran.  Banyak siswa yang apabila tidak suka dengan gurunya , maka dia tidak suka dengan mata pelajaran yang diajarkan oleh gurunya itu. Sehingga pembelajaran terhambat.
Salah satu cara unrtuk mengatasi supaya tetap terciptanya hubungan baik antara guru dengan siswa  adalah melalui Contact hours . contact hours disini jam-jam bertemu antara guru dengan siswa. Tapi  bertemu antara guru dengan siswa diluar kegiatan jam-jam mengajar


[1]Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak, (Jakarta ; PT. Bumi Aksara , 2006), hlm 61.
[2] Roqib, Nurfuadi, Kepribadian Guru, (Yogyakarta: Grafindo litera media) , hlm 107-111