♠ Posted by IMM Tarbiyah in kurikulum at 09.51
Apa saja prinsip dan acuan
pengembangan KTSP?
- Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungan.
- Beragam dan terpadu
- Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan, tekenologi dan seni
- Relevan dengan kebutuhan kehidupan
- Menyeluruh dan berkesinambungan
- Belajar sepanjang hayat
- Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
KTSP di susun dengan memperhatikan
acuan operasional . Yaitu :
- Peningkatan Iman dan Taqwa serta Akhlaq Mulia menjadi dasar Pembentukan Kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum di susun yang memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan taqwa serta akhlaq mulia.
2. Peningkatan potensi, kecerdasan,
dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan
peserta didik.
Kurikulum di susun
agar memungkinkan pengembangan keragaman potensi, minat, kecerdasan
intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik peserta didik secara
optimal sesuai dengan tingkat perkembangan.
3. Tuntutan Dunia Kerja
Kurikulum harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja khususnya bagi mereka yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
Kurikulum harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja khususnya bagi mereka yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
4. Keragaman potensi dan
karakteristik daerah dan lingkungan
Daerah memiliki keragaman potensi,
kebutuhan, tantangan dan keragaman karakterstik lingkungan, oleh
karena itu kurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk
menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi
pengembangan daerah.
5. Tuntutan Pembangunan Daerah Dan
Nasional
Pengembangan kurikulum harus
mempertimbangkan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan
nasional
6. Perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni
Kurikulum harus di kembangkan
secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni.
7. Agama
Kurikulum harus di
kembangkan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama,
serta memperhatikan norma yang berlaku di lingkungan sekolah.
8. Dinamika perkembangan global
Kurikulum harus di
kembangkan agar peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat
hidup berdampingan dengan bangsa lain
9. PERSATUAN NASIONAL DAN
NILAI-NILAI KEBANGSAAN
Kurikulum harus
mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk
memperkuat keutuhan bangsa dalam negara kesatuan republik indonesia
10. Kondisi Sosial Budaya Masyarakat
Setempat
Kurikulum harus di
kembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya
masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya
11. Kesetaraan Gender
Kurikulum harus di
arahkan kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuh
kembangnya kesetaraan gender
12. Karakteristik Satuan Pendidikan
Kurikulum harus di
kembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas
satuan pendidikan .