Acuan Pengembangan KTSP

♠ Posted by IMM Tarbiyah in at 09.51

Apa saja prinsip dan acuan pengembangan KTSP?
  • Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungan.
  • Beragam dan terpadu
  • Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan, tekenologi dan seni
  • Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  • Menyeluruh dan berkesinambungan
  • Belajar sepanjang hayat
  • Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.



KTSP di susun dengan memperhatikan acuan operasional . Yaitu :

  1. Peningkatan Iman dan Taqwa serta Akhlaq Mulia menjadi dasar Pembentukan Kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum di susun yang memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan taqwa serta akhlaq mulia.


2. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
Kurikulum di susun agar memungkinkan pengembangan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik peserta didik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangan.

3. Tuntutan Dunia Kerja
Kurikulum harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja khususnya bagi mereka yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
Daerah memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan dan keragaman karakterstik lingkungan, oleh karena itu kurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah.

5. Tuntutan Pembangunan Daerah Dan Nasional
Pengembangan kurikulum harus mempertimbangkan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional

6. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Kurikulum harus di kembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

7. Agama
Kurikulum harus di kembangkan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama, serta memperhatikan norma yang berlaku di lingkungan sekolah.

8. Dinamika perkembangan global
Kurikulum harus di kembangkan agar peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain

9. PERSATUAN NASIONAL DAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN
Kurikulum harus mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam negara kesatuan republik indonesia

10. Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Setempat
Kurikulum harus di kembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya

11. Kesetaraan Gender
Kurikulum harus di arahkan kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan gender

12. Karakteristik Satuan Pendidikan
Kurikulum harus di kembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas satuan pendidikan .