IKHWAN AL-SHAFA DAN FILSAFATNYA

♠ Posted by IMM Tarbiyah in at 20.19

            1.Biografi Ikhwan Al-shafa
            Ikhwan Al-shafa (persaudaraan suci) adalah nama sekelompok pemikir islam yang bergerak secara rahasia oleh sekte syiah isma’iliyah yang lahir pada abad ke 4H (10 M) di Basrah.pelopor perhimpunan politik religius ini yamg terkenal ,antara lain Ahmad ibn Abdullah,Abu sulaiman Muhammad ibn Nasr Albusti,yang popular dengan  Al-muqaddasi,Zaid ibn Rifa’ah,Abu Alhasan Ali ibn Harun Alzanjani dan rekan-rekannya.orang-orang ini merupakan kelompok sarjana yang menyelenggarakan pertemuan dan menyusun risalah-risalah ikwan al-shafa. Jemaah ikhwan Al-shafa terdiri dari empat kelompok yaitu : (1) Al-ikhwan Al Abrar A-ruhama berusia dari 15-19 tahun (2) AL-ikhwan Al-akhyar Al-fudala (para berusia dari 30-39 tahun (3) Al-ikhwan Al-fudala al-kiram berusia antara 40-49 tahun (4) kelompok yang berusia 50 tahun ke atas.


2. karyanya
                Pertemuan-pertemuan yang di lakukan sekali dalam 12 hari. Secara sembunyi-sembunyi telah menghasilkan 52 risalah. Yang di beri nama Rasa’il Ikhwan Al-shafa. Kemudian risalah ini di bagi menjadi empat bagian:
(14). Terfokus pada ilmu matematis (17). Membahas ilmu kealaman.
(10). Berhubungan dengan ilmu psikologi dan intelektual. (11). Tentang ilmu teologis atau metafisika,

3. filsafatnya.
    Filsafat alam
    Pada filsafat ikhwan Al-safa, penciptaan alam oleh tuhan adalah manifestasi kepemurahan tuhan. Tuhan menciptakan seganap alam rohani dan potensi alam raga yang tersusun. Ia menciptakan segala alam rohani sekaligus. Sedangkan alam raya yang tersusun diciptakannya berangsur-angsur dengan mengubahnya dari keberadaan potensial pada keberadaan akal. Keberadaan ayah secara aktual lebih dahulu daripada keberadaan Anak secara akhwal tetapi keberadaan keduanya secara potensial sama.

4. filsafat dan angka
                Ikhwan Al-safa memegang keyakinan  pythagoren bahwa sifat dasar hal-hal yang diciptakan adalah sesuai dengan sifat dasar bilangan.kemudian mereka juga mengikuti kaum Pythagorean dalam hal kepeduliannya yang besar pada angka-angka tertentu.seperti pada perhatiannya pada angka 4,satu penghormatan yang melampaui bidang matematika murni,misalnya pada empat musim,empat angina,dan empat unsur empedoclean dll.menurut ikhwan al-shafa seorang dapat belajar tentang keesaan tuhan dengan mengetahui hal-hal berkenaan dengan angka.
            5. manusia dan jiwa
            Ikhwan al-shafa memandang mausia terdiri dari dua unsur ,yaitu jiwa yang bersifat imateri,dan tubuh yang merupakan campuran dari tanah,air,udara,dan api.dalam salah satu tulisan mereka dikatakan bahwa,masuknya jiwa kedalam tubuh merupakan hukuman kepada jiwa yang telah melakukan pelanggaran (melanggar larangan tuhan ,seperti kisah Adam a.s dan pasangannya Hawa)jiwa manusia menurut ikhwan al-shafa karena berada didalam tubuh,awalnya tidak mengetahui apa-apa,tetapi memiliki pengetahuan yang berangsur-angsur.manusia haruslah dididik sedemikian rupa dengan ajaran yang diwahyukan  maka dengan pendidikan yang benar akan terbentuk karakter jiwa yang benar  begitupun sebaliknya.