MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

♠ Posted by IMM Tarbiyah in at 10.14


  1. PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran dari sekolah pada khususnya.
Kata media berasal dari bahasa Latin, Medius yang memiliki arti tengah, perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab media berarti perantara ( وسائل ) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlac dan Ely (1971) mengatakan bahwa, media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Secara khusus media dalam proses belajar mengajar diartikan sebagai alat yang bisa digunakan untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali reformasi visual atau verbal seperti grafis, photografis atau elektronis.1
Selain sebagai sistem penyampaian atau pengantar, media yang sering diganti dengan kata mediator menurut Fleming (1987:234) adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya. Artinya media menunjukan fungsi dan aturan peranan mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar yaitu siswa dan isi pelajaran. Apabila media membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran.
Pada dasarnya media pembelajaran dipakai oleh guru untuk2 :
  1. Memperoleh informasi atau pesan pengajaran
  2. Memberi tekanan pada bagian-bagian yang penting
  3. Memberi variasi pengajaran
  4. Memperjelas struktur pengajaran
  5. Memotifasi proses belajar siswa.

  1. TUJUAN PENGGUNAAN MEDIA
Tujuan utama penggunaan media pembelajaran adalah agar pesan atau informasi yang dikomunikasikan tersebut dapat diserap semaksimal mungkin oleh para siswa sebagai penerima informasi (Soeparno, 1987:5). Penggunaan media pembelajaran Bahasa Arab sangat membantu siswa untuk tetap menjaga gairah belajarnya karena dalam proses pembelajaran seorang siswa dituntut untuk terus menerus berlatih berbicara.

  1. Media pembelajaran Bahasa Arab
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan sosial masyarakat dan ilmu pengetahuan. Bahasa Arab termasuk rumpun bahasa Smith. Yaitu bahasa yang dipakai bangsa-bangsa yang tinggal di sekitar sungai Tigrs, Furat, dataran Syiria dan Jazirah Arabia (Timur Tengah) seperti bangsa : Finisia, Asyria, Ibrania, Arabia, Suryania dan Babilonia. Bahasa yang masih ada sampai sekarang adalah bahasa Ibrani. Dalam kajian linguistic dengan menggunakan pendekatan structural, bahasa dipandang sebagai sesuatu yang terdiri dari komponen atau unsure-unsur yang dapat dipisahkan dan dibedakan.

  1. Guru dan media pembelajaran
Sistem pendidikan yang baru menuntut factor dan kondisi yang baru pula. Baik yang berkenaan dengan sarana fisik maupun non fisik. Untuk itu diperlukan tenaga pengajar yang memiliki kemampuan dan kecakapan yang lebih memadai, diperlukan sikap dan kinerja yang baru, peralatan yang lebih lengkap dan administrasi yang lebih teratur, guru hendaknya dapat menggunakan peralatan yang lebih ekonomis, efisien dan mampu dimiliki oleh sekolah serta tidak menolak digunakannya peralatan tekhnologi modern yang relevan dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman.
Semakin maju perkembangan masyarakat dan ekslarasi teknologi modern, maka semakin besar dan berat tantangan yang dihadapi guru sebagai pendidik dan pengajar di sekolah. Ada lima tantangan yang dihadapi oleh guru dewasa ini, antara lain :
  1. Guru tersebut belum memiliki kemampuan / pemahaman dan pengertian yang cukup mengenai pendidikan.
  2. Guru belum memiliki keterampilan tentang cara menggunakan media dalam proses belajar mengajar di kelas.
  3. Guru belum mampu membuat sendiri alat-alat media pendidikan yang dibutuhkan.
  4. Guru belum mampu melakukan penilaian terhadap media yang akan dan telah digunakan.
  5. Guru belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang administrasi media pendidikan.

Agar seorang guru dalam menggunakan media pendidikan efektif, setiap guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan / pengajaran. Pengetahuan tersebut menurut Oemar Hamalik (1985:16) meliputi :
  1. Media sebagai alat komunikasi
  2. Media berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan
  3. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar
  4. Hubungan antara metode mengajar dengan media pendidikan
  5. Nilai dan manfaat media pendidikan
  6. Memilih dan menggunakan media pendidikan
  7. Mengetahui berbagai jenis alat dan teknik media pendidikan
  8. Mengetahui penggunaan media pendidikan dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan.
  9. Melakukan usaha-usaha inovasi dan media pendidikan.
1 Prof.Dr.Azhar Arsyad, M.A. Media Pembelajaran. hlm.3
2 Abdul Wahab Rosydi, M.Pd. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Hlm. 27-28