♠ Posted by IMM Tarbiyah in Pendidikan Bahasa Arab at 10.14
- PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar
mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan
pembelajaran dari sekolah pada khususnya.
Kata media berasal dari bahasa Latin, Medius yang memiliki arti
tengah, perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab media berarti
perantara ( وسائل ) atau pengantar
pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlac dan Ely (1971)
mengatakan bahwa, media apabila dipahami secara garis besar adalah
manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat
siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Secara
khusus media dalam proses belajar mengajar diartikan sebagai alat
yang bisa digunakan untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali
reformasi visual atau verbal seperti grafis, photografis atau
elektronis.1
Selain sebagai sistem penyampaian atau pengantar, media yang sering
diganti dengan kata mediator menurut Fleming (1987:234) adalah
penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan
mendamaikannya. Artinya media menunjukan fungsi dan aturan peranan
mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses
belajar yaitu siswa dan isi pelajaran. Apabila media membawa
pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau
mengandung maksud pengajaran maka media itu disebut media
pembelajaran.
Pada dasarnya media pembelajaran dipakai oleh guru untuk2
:
- Memperoleh informasi atau pesan pengajaran
- Memberi tekanan pada bagian-bagian yang penting
- Memberi variasi pengajaran
- Memperjelas struktur pengajaran
- Memotifasi proses belajar siswa.
- TUJUAN PENGGUNAAN MEDIA
Tujuan utama penggunaan media pembelajaran adalah agar pesan atau
informasi yang dikomunikasikan tersebut dapat diserap semaksimal
mungkin oleh para siswa sebagai penerima informasi (Soeparno,
1987:5). Penggunaan media pembelajaran Bahasa Arab sangat membantu
siswa untuk tetap menjaga gairah belajarnya karena dalam proses
pembelajaran seorang siswa dituntut untuk terus menerus berlatih
berbicara.
- Media pembelajaran Bahasa Arab
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang telah mengalami
perkembangan sejalan dengan perkembangan sosial masyarakat dan ilmu
pengetahuan. Bahasa Arab termasuk rumpun bahasa Smith. Yaitu bahasa
yang dipakai bangsa-bangsa yang tinggal di sekitar sungai Tigrs,
Furat, dataran Syiria dan Jazirah Arabia (Timur Tengah) seperti
bangsa : Finisia, Asyria, Ibrania, Arabia, Suryania dan Babilonia.
Bahasa yang masih ada sampai sekarang adalah bahasa Ibrani. Dalam
kajian linguistic dengan menggunakan pendekatan structural, bahasa
dipandang sebagai sesuatu yang terdiri dari komponen atau
unsure-unsur yang dapat dipisahkan dan dibedakan.
- Guru dan media pembelajaran
Sistem pendidikan yang baru menuntut factor dan kondisi yang baru
pula. Baik yang berkenaan dengan sarana fisik maupun non fisik. Untuk
itu diperlukan tenaga pengajar yang memiliki kemampuan dan kecakapan
yang lebih memadai, diperlukan sikap dan kinerja yang baru, peralatan
yang lebih lengkap dan administrasi yang lebih teratur, guru
hendaknya dapat menggunakan peralatan yang lebih ekonomis, efisien
dan mampu dimiliki oleh sekolah serta tidak menolak digunakannya
peralatan tekhnologi modern yang relevan dengan tuntutan masyarakat
dan perkembangan zaman.
Semakin maju perkembangan masyarakat dan ekslarasi teknologi modern,
maka semakin besar dan berat tantangan yang dihadapi guru sebagai
pendidik dan pengajar di sekolah. Ada lima tantangan yang dihadapi
oleh guru dewasa ini, antara lain :
- Guru tersebut belum memiliki kemampuan / pemahaman dan pengertian yang cukup mengenai pendidikan.
- Guru belum memiliki keterampilan tentang cara menggunakan media dalam proses belajar mengajar di kelas.
- Guru belum mampu membuat sendiri alat-alat media pendidikan yang dibutuhkan.
- Guru belum mampu melakukan penilaian terhadap media yang akan dan telah digunakan.
- Guru belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang administrasi media pendidikan.
Agar seorang guru dalam menggunakan media pendidikan efektif, setiap
guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang
media pendidikan / pengajaran. Pengetahuan tersebut menurut Oemar
Hamalik (1985:16) meliputi :
- Media sebagai alat komunikasi
- Media berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan
- Penggunaan media dalam proses belajar mengajar
- Hubungan antara metode mengajar dengan media pendidikan
- Nilai dan manfaat media pendidikan
- Memilih dan menggunakan media pendidikan
- Mengetahui berbagai jenis alat dan teknik media pendidikan
- Mengetahui penggunaan media pendidikan dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan.
- Melakukan usaha-usaha inovasi dan media pendidikan.
1
Prof.Dr.Azhar Arsyad, M.A. Media Pembelajaran. hlm.3
2
Abdul Wahab Rosydi, M.Pd. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Hlm. 27-28