♠ Posted by IMM Tarbiyah in Pendidikan Bahasa Arab at 09.41
- Aspek yang diukur
Materi
|
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Jumlah
|
|
BAB II
|
العيدان |
2
|
4
|
3
|
9
|
BAB III
|
الترويح عن النفس |
1
|
1
|
3
|
5
|
- Angka Hasil Perhitungan Jumlah Soal
Aspek
|
Taraf kompetensi
|
|||
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Total Soal
|
|
BAB II
|
6
|
9
|
8
|
23
|
BAB III
|
4
|
6
|
7
|
17
|
Jumlah
|
10
|
15
|
15
|
40 butir
|
- Pembagian Jumlah Soal
Soal
Pilihan Ganda (PG)= 25
- BAB II
- Pengetahuan : 6/40 x 25 = 3,75 = 4
- Pemahaman : 9/40 x 25 = 5,625 = 6
- Penerapan : 8/40 x 25 = 5
- BAB III
- Pengetahuan : 4/40 x 25 = 2,5 = 2
- Pemahaman : 6/40 x 25 = 3,75 = 4
- Penerapan : 7/40 x 25 = 4,375 = 4
Soal
Isian Singkat (IS) = 10
- BAB II
- Pengetahuan : 6/40 x 10 = 1,5 = 1
- Pemahaman : 9/40 x 10 = 2,25 = 2
- Penerapan : 8/40 x 10 = 2
- BAB III
- Pengetahuan : 4/40 x 10 = 1 =1
- Pemahaman : 6/40 x 10 = 1,5 = 1
- Penerapan : 7/40 x 10 = 2,95 = 3
Soal
Uraian (UR) = 5
- Perhitungan Berdasarkan Proporsi Soal
Isi materi dan tingkat kesukaran |
Taraf kompetensi dan bentuk soal
|
Jumlah
|
||||||||||||
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Tk. Kesulitan
|
Total
(%)
|
||||||||||
PG
|
IS
|
UR
|
PG
|
IS
|
UR
|
PG
|
IS
|
UR
|
MD
|
SD
|
SK
|
|||
B. II
60%
|
Mudah
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
8
|
24
|
|||||
Sedang
|
1
|
1
|
3
|
1
|
1
|
2
|
1
|
10
|
||||||
Sukar
|
2
|
1
|
1
|
1
|
5
|
|||||||||
B. III
40%
|
Mudah
|
1
|
1
|
2
|
1
|
4
|
16
|
|||||||
Sedang
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
||||||
Sukar
|
1
|
2
|
2
|
5
|
||||||||||
JUMLAH
|
7
|
2
|
1
|
10
|
3
|
1
|
9
|
5
|
3
|
30% | 45% | 25% |
100%
|
|
10
|
14
|
17
|
12
|
17
|
10
|
40
|
السؤال
1
ذهبت إلى بيوت
جيراني لتهنئة عيد الفطر.
معنى كلمة "
لتهنئة "...
c.Untuk
mengucapkan selamat
|
a.Untuk bergembira |
d.Untuk menghibur |
b.Untuk
berbahagia
|
بعض
النّاس يذهب الى مكة ويلّبي "
لبيك اللهمّ
لبيك..." معنى
كلمة " يلّبي
"....
2
c.
Mengucapkan talbiah
|
a.
Mengerjakan shalat
|
d. Menyerukan nama Allah |
b.
Mengerjakan
wukuf
|
3المسلمون
يختفلون عيد الفطر. المضاف
في تلك الجملة....
أ
الفطر ج يختفلون
ب
عيد د المسلمون
4 فرح
المسلمون في عيد الأضحى.
المضاف إليه في
تلك الجملة...
أ
عيد ج المسلمون
ب
الأضحى د في
5 ممّا
يأتى إضافة....
أ
صوم رمضان ج تجربة قاسية
ب
شهر عظيم د مناسية دينية
6 ذهبت
الى مسجد كبيرلصلاة الظهر.
الإضافة في تلك
الجملة...
أ
ذهبت ج صلاة الظهر
ب
مسجد كبير د ذهبت الى
7.....الأضحى
عيد من أعياد الإسلام.
أ
عيدِ ج العيدِ
ب
عيدُ د العيدُ
8 يجتمع
النّاس على لسانٍ واحدٍوعلى كلمةٍ....في
جبلِ عرفاتٍ.
أ
واحدٍ ج واحدةٍ
ب
واحدٌ د واحدةٌ
9 هل
عجبت بهذا المنظر؟ معنى كلمة "
عجبت ".....
c.
Saya kagum
|
a.
Saya senang
|
d.
Kamu kagum
|
b.
Kamu senang
|
10 فى
الجبل غابة كثيفة. معنى
كلمة " كثيفة
".....
c.
Teduh
|
a.
Lebat
|
d.
hijau
|
b.
gundul
|
11
ما يأتي
الفعل المجردالثلاثي....
أ
فرح ج وسوس
ب
دحرج د بختر
12
ما يأتي
الإسم الموصول للمذكر المفرد....
أ
الاتي ج الذ ين
ب
اللتى د الذى
13
المناء فى
الظهران أكبر....
المناء في
جدة.
أ
الى ج كم
ب
من د كيف
14حديقتي
....من
حديقك.
أ
أوسع ج أكثف
ب
أكبر د أرقق
15
هل عجبت بهذا
المنظر؟ معنى كلمة "
المنظر "....
c.
pemandangan
|
a.
perbukitan
|
d.
perjalanan
|
b.
pegunungan
|
16ما
يأتي الفعل المجردالثلاثي....
أ
حسن ج طأطأ
ب
دحرج د ترجم
17
ما يأتي
الفعل المجرد الرباعيّ....
أ
فرّح ج ترجم
ب
كرّر د طال
18
ما يأتي
الإسم الموصول للمؤنث المفرد.....
أ
اللاتي ج الذين
ب
التي د الذي
19المسلمون
يحجّون في شهر.....
أ
رمضان ج ذي القعدة
ب
شوّل د ذي الحجّة
20في
التّاريخ الاوّل من شهر شوّال نحتفل....
أ
عيد الفطر ج مولد النبي
ب
عيد الأضحى د نزول القران
21
يقف الحجّاج
فى التّاريخ.....
من شهر ذي
الحجّة.
أ
الثامن ج العاشر
ب
التّاسع د الحادي عشر
22
يجيئ عيد
الاضحى فى التّاريخ.....
من شهر ذي
الحجّة.
أ
الثّامن ج العاشر
ب
التّاسع د الحادي عشر
23عيد
الفطر فرحة للمسلمين.
معنى كلمة "
فرحة "....
c.
Bagian
|
a.
Kegembiraan
|
d.
Hiburan
|
b.
Kepuasan
|
24
صوم رمضان
تدريب عملي على صون اللسان عن بديئ القول.
معني كلمة "
بديئ القول"....
c.
Ucapan
|
a.
kegembiraan
|
d.
Membentak-bentak
|
b.
Ucapan yang kotor
|
25
معنى كلمة "
تقبّل الله
"....
c.
Semoga Allah membalas
|
a.
Semoga berpahala
|
d.
Semoga Allah menerima
|
b.
Semoga masuk surga
|
Soal
isian singkat
أجب
هذه النقطة بالإجابة صحيحة
1
يجيئ.....
بعد شهر
رمضان.
2
يجيئ....
في اليوم
العاشر من ذي الحجّة.
3
أسكل
سكلامناسبافي الكلنة الأتية
المسلمون
يقضون ثلاثين يوما في كفاح نفسهم وكفاح
شهواتهم.
4
ترجم في
اللغة الإندونيسي
عيدالأضحى
عيد من أعيادالإسلام.
5
ترجم في
اللغة العربية
Shalat
Idul Fitri dilaksanakan di lapangan pada pagi hari.
أجب
هذه النقطة بالإجابة صحيحة
6
خرج التلاميذ
....
دخل قبل
ساعة.
7
إجتمعت
الأمّهات ....
جئن من
القرية.
8
أكرم الى
....
أكرمك.
9
أسكل
سكلامناسبافي الكلنة الأتية
أكتب
هذه الرسالة من المدينة المنوة.
10
ترجم في
اللغة العربية
Rumahnya
lebih tinggi dari pada rumahku.
Soal
uraian
1.Jelaskan
secara singkat tentang
الإضافة
!
2.Buatlah
3 contoh
الإضافة
!
3.Jelaskan
secara singkat tentang
إسم التفضيل
4.Berikan
2 contoh
إسم التفضيل
dalam
bentuk jumlah !
5.Berikan
2 contoh
الفعل
المجرّد dalam
bentuk jumlah !
Contoh Kisi-Kisi Sederhana Bahasa Arab Kelas IX
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas IX
Alokasi Waktu : 45 menit
Jumlah Soal : 30 soal
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Jumlah
soal
|
Nomor Soal
|
Menemukan makna/gagasan dari wawancara tertulis sederhana tentang العيدان |
Melengkapi kalimat dengan idofah
yang benar
|
4
|
1 – 4
|
Menjawab pertanyaan bacaan tentang
عيد الفطر
|
5
|
5 – 9
|
|
Menjawab pertanyaan bacaan tentang عيد الأضحى |
5
|
10 – 14
|
|
Menemukan makna kata dari bahasa
Indonesia ke bahasa Arab atau sebaliknya tentang عيد
الفطر
|
5
|
15 – 19
|
|
Menemukan makna kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab atau sebaliknya tentang عيد الأضحى |
5
|
20 – 24
|
|
Menerjemah dari bahasa Indonesia ke
bahasa Arab atau sebaliknya
|
6
|
25 – 30
|
|
Jumlah Soal |
30
|
30
|
Contoh
Instrumen Observasi
No. :………………………………….
Nama
:………………………………….
Kelas
:………………………………….
Tema
:………………………………….
No.
|
Aspek
yang diamati
|
Bobot
Skor
|
Skor
Perolehan
|
Keterangan
|
1
|
Menjelaskan pengertian إضافة |
5
|
5
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian إضافة dengan lengkap |
2
|
Menjelaskan bagian-bagian إضافة |
5
|
5
|
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian إضافة |
4
|
Membuat contoh إضافة |
5
|
5
|
Siswa dapat membuat contoh إضافة |
5
|
Menjelaskan pengertian إسم التفضيل |
5
|
5
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian إسم التفضيل |
6
|
Membuat contoh إسم التفضيل |
5
|
5
|
Siswa dapat membuat contoh إسم التفضيل |