Pengertian Bahasa Arab

♠ Posted by IMM Tarbiyah in at 05.50
A.    Pendahuluan
Unsur-unsur bahasa adalah bagian-bagian dari bahasa yang mempunyai aturan-aturan tersendiri. Jadi unsur-unsur bahasa Arab dapat diartikan sebagai bagian-bagian dari bahasa yang mempunyai aturan-aturan tersendiri yang meliputi fonologi, struktur/tata bahasa, leksikologi, dan sejarah dan sastra.
Mempelajari unsur-unsur bahasa, khususnya bahasa arab adalah penting. Artinya dengan unsur bahasa itulah seseorang bisa mengetahui perbedaan maupun persamaan yang ada antara bahasa ibu dengan bahasa arab.

B.    Pembahasan
    Dalam bahasa Arab ada beberapa unsur yang dapat kita pelajari. Unsur-unsur tersebut dapat digolongkan menjadi empat bagian, yaitu:
1.    Fonologi dan Ortografi
Fonologi atau ilmu bunyi adalah ilmu yang mempelajari tentang bunyi-bunyi (fonem) bahasa.  Dalam bahasa arab, tidak mengenal huruf vokal. Semua huruf dalam bahasa arab adalah huruf konsonan. Dari segi pengucapan huruf, bunyi yang dihasilkan pun berbeda dalam masing-masing huruf. Ilmu yang mempelajari tentang pengucapan bunyi huruf-huruf adalah ilmu tajwid, khususnya makharijul huruf.
Ortografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk tulisan. Penulisan dalam bahasa Arab dimulai dari kanan ke kiri dan juga ada huruf yang dapat disambung dan ada yang tidak. Begitulah bahasa Arab, mempunyai banyak perbedaan dengan bahasa-bahasa lain yang ada di dunia.

2.    Struktur/Tata Bahasa
Dalam bahasa Arab dikenal dua istilah, yaitu ilmu nahwu (Sintaksis) dan sharaf (Morfologi). Ada yang mengatakan bahwa ilmu sharaf merupakan ummu al-ilmi (ibunya Ilmu), sedangkan ilmu nahwu merupakan abu al-ilmi (bapaknya ilmu). Keduanya tidak dapat dipisahkan dalam mempelajari bahasa arab, karena kedua ilmu itu saling berkaitan. Ilmu sharaf membahas tentang pembagian isim, pembagian dari segi bilangan seperti mufrad, mutsanna dan jamak, mengenai person seperti mutakallimin, mukhatab, dan ghaib dan lainnya. Ilmu nahwu lebih mempelajari tentang susunan kalimat, i’rab dan bina.  
3.    Leksikologi
Yaitu ilmu yang mempelajari perbendaharaan kata. Bahasa arab terkenal sebagai ilmu yang mempunyai banyak sekali kosakata (mufradat).  Mufrodat merupakan hal yang sangat urgen bagi seseorang yang ingin mempelajari bahasa Arab dan dapat berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Bahasa arab yang semakin berkembang menjadi salah satu penyebab banyaknya kosakata yang ada dalam bahasa arab. Hal itu membuat para ahli bahasa ingin menyusun kamus-kamus bahasa Arab murni dengan bersumber Al-Qur’an, Hadits dan juga peninggalan-peninggalan zaman jahiliyah dan Islam.
4.    Sejarah dan Sastra
Sejarah dan sastra menjadi salah satu unsur bahasa Arab karena ketika kita mempelajari bahasa kita harus mengetahui sejarah dan sastra yang ada didalamnya. Sehingga kita dapat menjadi manusia yang lebih baik. Ali Tsaman mengatakan bahwa bahasa arab dapat membentuk seseorang menjadi cerdas حسن العقل)), menjadi trampil (حسن المهارة), dan menjadi mempunyai sense of language (حسن التذوق).

C.    Kesimpulan
Bahasa arab merupakan salah satu bahasa asing yang telah diresmikan oleh PBB sebagai salah satu bahasa Internasional sehingga mempelajari bahasa Arab menjadi penting, terutama bagi umat muslim. Sebelum mempelajari suatu bahasa alangkah baiknya jika kita mempelajari unsur-unsur yang terdapat didalam bahasa tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat memupuk  sense of language yang dapat membantu kita dalam penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Arab secara lebih optimal.
Unsur-unsur yang ada dalam bahasa Arab terlihat saling terpisah. Akan tetapi sejatinya antara satu unsur dengan unsur yang lain dalam bahasa Arab saling berkaitan dan menyatu sehingga terbentuk sebuah fenomena yang bernama bahasa.

D.    Daftar Pustaka

Ahmad Fuad Effendy, 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang : Misykat.

Imam Asrori, 2004. Sintaksis Bahasa Arab, Malang: Misykat.

Mohamad Misbah, dkk, Makalah Linguistik: Unsur-unsur Bahasa Arab,  PBA 2009.
http://abdulhakimmuh.wordpress.com/2010/02/03/sasaran-tes-unsur-bahasa-arab-bentik-dan-susunanya

Subur, Materi Kuliah Metodologi  Pembelajaran Bahasa Asing, Disampaikan  tanggal 12  Oktober 2010.